Mengenal Agar-Agar Lebih Dekat

12/09/2010 By MetaEta , In

Bahan utama membuat puding adalah agar-agar yang sekarang ini kebanyakan dijual dalam bentuk bubuk. Sementara pada tahun 1970-an, masih dijual dalam bentuk batangan. Bubuk ini diberi air, lalu diaduk dan dimasak sampai mendidih dan agar-agar larut. Selanjutnya didinginkan hingga mengeras. Mudah sekali cara pembuatannya dan yang pasti kaya akan serat dan gizi.
Banyak orang tak percaya kalau agar-agar kaya serat. “Serat dari mana?” Mereka rupanya tidak tahu kalau bubuk agar-agar itu berasal dari ekstrak rumput laut yang merupakan ganggang atau algae yang di keringkan. Algae yang digunakan adalah algae merah yang banyak tumbuh di laut tropis. Karena rumput laut ini kaya serat, otomatis ketika dijadikan bubuk agar-agar pun tetap kaya serat hanya saja dalam bentuk yang sudah halus.
Tak hanya serat, rumput laut juga agar-agar kaya sejumlah vitamin dan mineral seperti zat besi, yodium, kalsium, juga seng yang dibutuhkan oleh remaja dalam pertumbuhan mereka dan juga kesehatan pada umumnya.

4 komentar:

Hermawan S.Adittya mengatakan...

Ga hanya vitamin dan mineral seperti zat besi, yodium, kalsium.Klo boleh menambahkan agar" jg kaya akan karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut.Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa.

mohon posting jg cara buat agar" yg rasanya PAS... OK :)

by. Hermawan S.Adittya

16 Desember 2010 pukul 21.13
MetaEta mengatakan...

terima kasih atas sarannya...

3 April 2011 pukul 21.15
aye mengatakan...

kalo hung kweh tuh sebenernya agar-agar bukan sih?

5 April 2011 pukul 08.21
MetaEta mengatakan...

bukan, agar-agar terbuat dari sari rumput laut, sedangkan tepung hunkwe adalah tepung yang terbuat dari pati kacang hijau

5 April 2011 pukul 19.11

Posting Komentar