Jagalah Kesehatan Mata Anda

11/20/2010 By MetaEta , In

Mata adalah jendela dunia. Ungkapan yang sering kita dengar adalah benar. Lewat mata kita bisa menikmati indahnya dunia, hijaunya daun-daunan, birunya langit, putihnya awan dan berbagai panorama anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Sebagai salah satu indera kita tentunya kita harus selalu menjaga dan merawat kondisi mata agar mata kita selalu bisa berfungsi dengan baik. Di era sekarang ini banyak pekerjaan yang sangat terbantu dengan adanya komputer. Komputer menjadi salah satu alat wajib yang membantu pekerjaan kita. Akan tetapi komputer juga menimbulkan efek negatif terhadap mata kita terutama dengan monitornya.
Bekerja terlalu lama di depan monitor akan menimbulkan kelelahan dan ketegangan pada mata kita. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita antara lain:
1. Bekerja di ruangan dengan cahaya yang cukup
Bekerjalah di ruang dengan pencahayaan yang cukup. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu redup. Pencahayaan yang tidak optimal akan membuat mata kita cepat lelah
2. Gunakan monitor dengan radiasi rendah
Pilihlah monitor yang rendah radiasi atau pilih menggunakan monitor tipe LCD. Jika menggunakan monitor tipe CRT (tipe tabung) jangan lupa untuk memasang filter monitor untuk mengurangi efek radiasinya. Radiasi yang rendah tidak akan menambah beban kerja mata dan membuat mata menjadi nyaman.
3. Letakkan kertas kerja dengan baik
Letakkan kertas kerja dengan baik sehingga mudah dibaca. Letakkan kertas kerja dalam jarak yang seimbang dengan monitor agar anda tidak perlu bolak balik memfokuskan pandangan pada monitor dan kertas kerja.
4. Perhatikan posisi monitor
Letakkan monitor sejajar dan lurus dengan pandangan mata anda. Selain membuat mata anda nyaman juga membuat leher atau bahu terasa nyaman pada saat bekerja.
5. Bekerjalah dengan huruf yang cukup besar
Jangan gunakan huruf yang terlalu kecil. Huruf yang terlalu kecil akan membuat mata bekerja lebih keras dan cepat lelah.
6. Istirahatkan mata anda
Mata juga mempunyai hak untuk beristirahat. Istirahatkan paling tidak beberapa menit setelah mata bekerja 30 menit. Pejamkan mata atau kerjab-kerjabkan jangan kucek-kucek mata anda.
7. Selalu periksakan mata anda
Usahakan untuk rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter mata. Apalagi yang sudah memakai kacamata atau kontak lens.

2 komentar:

aye mengatakan...

makanan juga bisa menjaga kesehatan mata kan yah? apa aja yah makanan yang baik buat mata?

5 April 2011 pukul 09.21
MetaEta mengatakan...

Banyak sekali buah dan sayuran yg baik untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya yaitu wortel. Namun wortel tidak akan meningkatkan ketajaman visual seseorang yang sudah memiliki penglihatan yang kurang sempurna. Tapi vitamin yang terkandung di dalam wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh.

5 April 2011 pukul 18.41

Posting Komentar